Tips Membuat Surat Lamaran Kerja secara Baik dan Benar


Halo sahabat, pada artikel yang diposting kali ini, admin akan membahas tips membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Seperti yang sahabat ketahui, surat lamaran kerja merupakan pintu pertama untuk mendapatkan pekerjaan. Semakin baik surat lamaran yang dibuat, semakin besar peluang melangkah ke tahap berikutnya.

Sahabat bisa membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Untuk tujuan tersebut, lakukan tahap-tahap berikut.
 

1. Cermati Iklan Lowongan Kerja

Langkah pertama adalah mencermati iklan lowongan kerja yang memuat posisi yang sahabat incar/cari. Iklan lowongan kerja tersebut mungkin bisa didapatkan dari media cetak atau situs lowongan kerja Indonesia.

Apapun sumbernya, harus baca dan pahami dengan teliti tentang tanggung jawab dan kualifikasi yang diminta pengiklan. Dengan demikian, sahabat tidak salah informasi yang bisa berdampak fatal pada surat lamaran kerja yang dibuat.

2. Identifikasi Keterampilan Sahabat yang Relevan

Setelah mencermati iklan lowongan pekerjaan, identifikasi pengalaman kerja dan keterampilan yang sahabat punya apakah relevan dengan posisi yang sahabat lamar?

Tulis garis besar pengalaman dan keterampilan tersebut, jika memungkinkan, kumpulkan dokumen atau sertifikat yang mendukung pengalaman dan keterampilan yang sahabat miliki.

3. Ketahui Komponen Surat Lamaran Kerja

Langkah ketiga adalah mengetahui komponen surat lamaran kerja. Secara garis besar, surat lamaran sendiri terdiri dari 7 komponen :

a) Kepala Surat – Kepala surat (heading) umumnya terdiri dari nama, alamat, nomor telepon, dan email. Letaknya di sebelah kanan.

b) Tanggal – Setiap surat harus memiliki tanggal. Urutan nya adalah hari (day), bulan (month), dan tahun (year).

c) Alamat yang Dituju – Komponen ini biasanya berupa nama dan divisi yang dituju, berikut nama serta alamat perusahaan.
 

d) Salam Pembuka – Salam pembuka umum dipakai dalam semua jenis surat.
 

e) Tubuh Surat – Tubuh surat merupakan komponen utama surat lamaran pekerjaan. Komponen ini umumnya berisi empat paragraf.

Paragraf pertama berisi posisi yang sahabat lamar dan sumber informasi lamaran. Paragraf kedua dan ketiga menjelaskan alasan mengapa sahabat merasa mampu dan layak menempati posisi tersebut. Sementara itu, paragraf keempat berisi ungkapan rasa terima kasih dan harapan sahabat.
 

f) Salam Penutup – Salam penutup diletakkan di bagian surat lamaran sahabat.
 

g) Blok Tanda Tangan – Blok tanda tangan terdiri dari tanda tangan asli dan nama sahabat yang diketik dengan menggunakan komputer.

4. Ketik Surat Lamaran Kerja

Langkah keempat adalah mengetik surat lamaran kerja sahabat dengan menggunakan komputer.
 

5. Baca Ulang Surat Lamaran Kerja yang Dibuat

Langkah terakhir adalah membaca ulang surat lamaran kerja yang baru sahabat buat.
 

Selain itu, aktivitas ini juga akan membantu sahabat mengindentifikasi salah ketik yang bisa merugikan surat lamaran kerja yang sahabat buat.

Cobalah sahabat menerapkan langkah-langkah yang telah dijelaskan tadi dalam membuat surat lamaran kerja apa pun.

Jangan ragu untuk memodifikasi contoh surat lamaran kerja di atas sehingga surat lamaran kerja yang sahabat buat menjadi lebih baik.

Untuk contoh surat lamaran yang baik, bisa di download pada link berikut.

Link Download Contoh Surat Lamaran

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Membuat Surat Lamaran Kerja secara Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel